Rabu, 12 Maret 2014

Ganrang Bulo

Ganrang Bulo adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia yang berasal dari Makassar Sulawesi Selatan, dan gandrang bulo ini biasanya dipentaskan pada saat ada acara-acara kerajaan di Makassar pada jaman dahulu. Namun kini untuk melestarikannya, pementasan tersebut kebnyakan bisa kita saksikan pada acara-acara karnival budaya di Sul-Sel atau ditingkat nasional dan bahkan Internasional atau dikedutaan Indonesia di Luar negeri.
Seminggu yang lalu sekretariat BPW KKSS Gorontalo kedatangan tamu istimewa yaitu para penari dan pemain Ganrang Bulo dari Kabupaten Takalar Sul-Sel yang hadir khusus ke Gorontalo atas undangan salah satau warga KKSS Gorontalo yang kebetulan mengadakan hajat pernikahan salah satu anaknya, berkenan mampir di sekretariat dan mengadakan pementasan Ganrang Bulo meski ala kadarnya atas permintaan salah satu pengurus BPW KKSS Gorontalo yakni H. Iqbal Sikkiri. Hal ini tentunya dimaksudkan untuk melepaskan rasa akangen akan kampung halaman Makassar.
Pementasanpun berlangsung sangat meriah meski hanya disaksikan oleh warga KKSS yang kebetulan dan sengaja datang kesekretariat untuk menikmati pementasan Ganrang Bulo tersebut.
 Turut hadir dalam pementasan tersebut, Sekretaris Umum BPW KKSS Gorontalo bersama beberapa pengurus BPW.
Pada saat pementasanba sedang berlangsung, dua orang warga KKSS Gorontalo yang dulunya ketika masih tinggal di kampung halaman dan sering ikutan dalam acara-acara adat di tempat tinggalanya masing-masing, tampil kedepan memperagakan keahlian mereka dalam beradu ketangkasan ala kampung halaman yaitu "Mammanca'" dalam istilah Bugis makassar, hal itu membuat semakin serunya pemendtasan dadakan tersebut di tambah lagi ada beberapa warga yang menyaksikan mengadakan saweran semakin membuat meriah dan antusias para pemain Ganrang Bulo dan Pammanca' mempertontonkan tarkasinya di hadapan pouluhan penonton yang hadir pada malam itu..
Hampir lupa, pada malam itu hadir pula salah satu anggota legislatif DPRD Kota Gorontalo yang juga adalah merupakan salah satu pengurus teras BPW KKSS menyaksikan acara tersebut, yaitu bapak H. Ramli Anwar selaku ketua 4 BPW KKSS Gorontalo.

Beliaupun merasa takjub akan budaya leluhur kita yang banyak beliau lewatkan dikarenakan lahir dan besar di perantauan orangtuanya, sehingga dengan adanya pementasan ganrang Bulo ini sedikit banyak menambah wasawasannya akan budaya Bugis makassar.
 Kira-kira pementasan tersebut berlangsung selama 2 jam, dan itupun sudah cukup buat kita warga Gorontalo asal Sul-Sel terhibur dengan pementasan dadakan tersebut, apalagi diakhiri dengan acara "Angngarru'" oleh slah satau personil pemain ganrang Bulo. dalam Angngarru' tersebut dibawakan dalam bahasa Makassar, kemudian disambut dengan teriakan "Tojeng" oleh warga Makassar yang hadir dan memahami lontara' Makassar. Dan bagi warga KKSS yang berasal dari Bugis hanya bisa terkagum-kagum dengan pementasan angngarru' tersebut serta bertepuk tangan.
dana para pemain ganrang bulopun sangat tersanjung akan sambutan warga KKSS Gorontalo.
Demikian salah satu dari mereka menyatakan sangat berterimaksih atas sambutan dan jamuan dari warga KKSS Gorontalo.
Berikut berbagai moment diabadikan saat berada di Sekretariat BPW KKSS Gorontalo.
Pak Sek berpose bersama dengan pemain Ganrang Bulo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar